Program Kerja
KERANGKA OPERASIONALISASI
PROGRAM KERJA MPI PPM 2015-2020
Bidang Pendayagunaan Teknologi Informasi
KEGIATAN |
UNIT KEGIATAN |
MPI PPM |
MPI PWM |
MPI PDM |
MPI PCM |
MPI PRM |
Pengembangan Stasiun Radio |
Pengembangan Stasiun Radio siaran Muhammadiyah |
1. Membuat panduan pendirian dan pengelolaan radio komunitas dan radio komersial Muhammadiyah 2. Menyelenggarakan Workshop pengelolaan stasiun radio siaran (Komunitas dan komersil) 3. Mengembangkan radio komunitas Radja sebagai stasiun radio percontohan. 4. Mendirikan radio streaming percontohan 5. Melakukan update manual pengelolaan radio 6. Menyediakan konten siaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan 7. Monitoring dan Evaluasi |
1. Menyelenggarakan workshop pendirian dan pengelolaan radio siaran (komunitas atau komersial) 2. Menjalin Kerjasama dengan pihak lain yang terkait. 3. Melakukan pendampingan kepada PDM yang akan mendirikan radio siaran 4. Monitoring & Evaluasi |
1. Menyediakan calon pengelola radio siaran 2. Menyelenggarakan workshop Tenaga Pengelola radio siaran. 3. Menyediakan Supervisor 4. Menjalin Kerjasama dengan pihak lain yang terkait. 5. Melakukan supervisi PCM yang akan mendirikan radio siaran komunitas
|
1. Menyediakan calon pengelola radio siaran 2. Ikut berpartisipasi sebagai sebagai pengisi acara siaran radio. 3. Melakukan publikasi siaran radio
|
1. Menyediakan calon pengelola radio siaran 2. Ikut berpartisipasi sebagai sebagai pengisi acara siaran radio. 3. Melakukan publikasi siaran radio
|
Pengembangan TV Lokal |
Pengembangan TV Lokal Muhammadiyah |
1. Membuat buku panduan pendirian dan pengembangan stasiun tv lokal 2. Menyelenggarakan workshop pendirian dan pengelolaan stasiun tv lokal |
1. Menyusun studi kelayakan pendirian stasiun televisi lokal di masing-masing PWM |
|
|
|
Pengembangan website |
Pengembangan website Muhammadiyah |
1. Membentuk tim pengembang website dinamis (teknis, redaksi, dll) 2. Menyelenggarakan Pelatihan admin web 3. Menyediakan sub domain untuk PWM, PDM 4. Sosialisasi website (online dan offline) 5. Monitoring dan evaluasi |
1. Membentuk tim pengelola website tingkat PWM (administrasi, news dan teknis) 2. Menyelenggarakan pelatihan pengelola web 3. Sosialisasi website (online dan off line) 4. Monitoring dan evaluasi
|
1. Membentuk tim pengelola website tingkat PDM (administrasi, news dan teknis) 2. Menyelenggarakan pelatihan pengelola web 3. Sosialisasi website (online dan online) 4. Menyediakan kontributor berita 5. Monitoring dan evaluasi |
Menyediakan kontributor berita untuk web PDM |
Menyediakan kontributor berita untuk web PDM |
Penggunaan software sistem operasi open source (Muhammadiyah Go Open Source /MUGOS) |
Pembuatan dan pengembangan software sistem operasi open source (Muhammadiyah Go Open Source /MUGOS) |
1. Menyediakan software sistem operasi open source (Muhammadiyah Go Open Source /MUGOS beserta manualnya 2. Menggunakan software Mugos untuk kegiatan operasional di kantor PP Muhammadiyah 3. Monitoring dan evaluasi |
Menggunakan software Mugos untuk kegiatan operasional di kantor PWM |
Menggunakan software Mugos untuk kegiatan operasional di kantor PDM |
Menggunakan software Mugos untuk kegiatan operasional di PCM |
Menggunakan software Mugos untuk kegiatan operasional di PRM |
Penyempurnaan sistem data base keanggotaan Muhammadiyah |
Penggunaan sistem data base keanggotaan Muhammadiyah |
Membuat sistem informasi Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah On Line beserta manual penggunaannya. |
1. Menyelenggarakan pengelolaan database anggota Muhammadiyah secara On Line 2. Monitoring dan evaluasi |
1. Pendataan dan Pengelolaan anggota Muhammadiyah |
Pendataan dan Pengelolaan anggota Muhammadiyah |
Pendataan dan Pengelolaan anggota Muhammadiyah |
Penyempurnaan Sistem Informasi Majelis/Lembaga |
Penyediaan Aplikasi Sistem Informasi Majelis/Lembaga |
1. Menyediakan Aplikasi Sistem Informasi Majelis/Lembaga 2. Menyelenggaran pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Majelis/Lembaga 3. Monitoring dan evaluasi |
1. Menyediakan personil pengelola Aplikasi Sistem Informasi Majelis/Lembaga 2. Menyelenggarakan pelatihan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Majelis/Lembaga 3. Monitoring dan evaluasi |
|
|
|
Pembuatan dan Penyempurnaan data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah |
Penbuatan aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah |
1. Menyediakan aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah beserta manual penggunaannya. 2. Menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah 3. Monitoring dan evaluasi |
1. Menyediakan personil pengelola aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah 2. Menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah 3. Menyelenggarakan pelatihan kontributor data 4. Monitoring dan evaluasi |
1. Menyediakan personil pengelola aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah 2. Menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi data base Persyarikatan dan Database Pimpinan Muhammadiyah 3. Menyediakan personil kontributor data 4. Monitoring dan evaluasi |
Menyediakan personil kontributor data
|
|
Pengembangan mobile information melalui SMS Gateway |
Penggunaan mobile information melalui SMS Gateway |
1. Menyediakan software aplikasi SMS gateway dan manual penggunaannya 2. Menyediakan Standard Operating Procedure (SOP) penggunaan SMS gateway 3. Meyelenggarakan pelatihan penggunaan SMS gateway 4. Monitoring dan evaluasi |
1. Menyediakan Standard Operating Procedure (SOP) penggunaan SMS gateway 2. Menyediakan personil pengelola SMS gateway 3. Monitoring dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Muhammadiyah (SIMMUH) yang terintegrasi |
Mengambangkan Sistem Informasi Manajemen Muhammadiyah (SIMMUH) yang terintegrasi |
Membuat software aplikasi Sistem Informasi Manajemen Muhammadiyah (SIMMUH) yang terintegrasi |
|
|
|
|
Penyediaan Perpustakaan Digital |
Mengembangkan perpustakaan digital Muhammadiyah |
Menyediakan software aplikasi perpustakaan digital beserta manual penggunaannya. |
1. Membentuk tim pengelola perpustakaan digital tingkat PWM (administrasi, koleksi data dan teknis) 2. Menyelenggarakan pelatihan pengelola perpustakaan digital 3. Sosialisasi perpustakaan digital 4. Monitoring dan evaluasi |
|
|
|